Craft & Souvenirs3 Jenis Box Packaging Paling Umum di Dunia - Sagu Hati

November 29, 20210

Seiring berkembangnya bisnis daring, industri pengemasan pun turut terkerek popularitasnya dengan ragam desain yang kian menarik. Meski, kemasan adalah industri yang sudah cukup tua, ternyata masih banyak orang awam yang belum sepenuhnya memahami jenis-jenis bahan kemasan yang biasa digunakan. Di sini, kita akan fokus pada jenis kemasan box, bukan bahan lainnya. Umumnya, ada tiga jenis box kemasan sama-sama terbuat dari kertas yang lebih eco friendly dengan beragam ketebalan dan tentu saja fungsi. Yuk, cek daftar berikut ini:

Folding carton

kemasan revlon
dok. pinterest

Folding carton juga kerap dikenal dengan paperboard box/carton adalah jenis kemasan yang paling banyak kita lihat terutama di pusat-pusat perbelanjaan ritel. Penggunaannya sangat luas mulai dari aksesoris elektronik, kosmetik, perawatan kulit/tubuh hingga makanan, karena jenis box ini memang cocok untuk membungkus benda-benda ringan. Tak hanya tampilan polos, jenis box kemasan ini juga sangat mudah dibentuk dan dipotong apa pun sekaligus dikombinasikan cetak desain  aneka warna sehingga mampu merepresentasikan ciri khas brand tertentu.

Rigid Box

custom box

Rigid box atau biasa disebut hard box memiliki tekstur lebih tebal dan kokoh dibanding folding carton. Jenis box kemasan ini umumnya digunakan untuk membungkus produk-produk premium berkelas di mana lebih mengutamakan nilai dari brand atau pemberinya. Lantaran, terbuat dari bahan karton yang kuat dan gramasi tebal, box ini juga biasa digunakan untuk mengemas barang-barang yang cukup berat, misalnya elektronik. Tak hanya lazim digunakan untuk brand tertentu, rigid box juga biasa digunakan untuk kebutuhan souvenir dan hampers di kalangan personal. Kesan mewah juga semakin bisa ditonjolkan lewat cetak foil stamping pada bagian luar maupun dalam box atau dicetak aneka warna.

Corrugated Box

corrugated box

Satu lagi adalah jenis kemasan corrugated box/corrugated board yang kita kenal dengan warna cokelat kraft merupakan box kemasan yang juga kerap kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Ini merupakan tipe box kemasan yang merujuk pada “shipper boxes” alias jenis box yang kerap digunakan untuk pengiriman barang atau proses pindahan untuk mengemas barang-barang.

Banyak pula dari para pebisnis daring yang menggunakan tipe box ini karena harganya yang cukup murah serta tak perlu memesan dalam kuantiti banyak. Box corrugated ini memiliki lapisan-lapisan bergelombang di mana jenis dan kekuatannya ditentukan oleh ketebalan masing-masing.

Selain warna cokelat, box ini juga biasa tampil dalam warna lain umumnya putih dan hitam. Bagi pemilik brand, box corrugated ini juga kerap disablon baik satu warna atau full warna sehingga tampak lebih eksklusif. Bagi kalangan personal yang ingin saling berkirim hampers atau souvenir, jenis box ini juga cukup banyak dipakai lantaran harganya yang cenderung lebih murah dibanding rigid/hard box.

Kamu butuh kemasan box atau perlengkapan souvenir lainnya? Klik di sini

Referensi: howtobuypackaging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp chat