Craft & Wedding5 Rekomendasi Wedding Souvenir ala Sagu Hati - Sagu Hati

January 22, 20180

Pernikahan merupakan suatu peristiwa yang sakral baik dipandang dari segi religi maupun budaya di berbagai belahan dunia. Salah satu item komponen penting dalam penyelenggaraan sebuah pernikahan adalah souvenir atau gift yang biasa diberikan untuk para tamu atau kerabat sebagai ungkapan terima kasih mempelai atas kehadiran mereka.

Secara historis, membagikan souvenir pernikahan kepada para tamu undangan merupakan tradisi lama atau kuno sejak abad 17 silam. Souvenir pernikahan dipercaya  pertama kali muncul di antara orang-orang aristocrats Eropa, yang dinamakan Bonbonniere, yaitu box perhiasan kecil yang terbuat dari kristal, porselin dan batu. Isi dari box perhiasan ini pada umumnya gula kristal berbentuk kotak atau manisan, yang menandakan kemakmuran atau kejayaan (karena pada awalnya, gula termasuk komoditas mahal dan merupakan harta orang-orang kaya).

Namun, seiring berjalannya waktu, harga gula pun semakin terjangkau, sehingga bonbonniere digantikan oleh almond yang lebih prestise. Selama berabad-abad pula, almond kerap menjadi hadiah bagi para tamu yang menandakan harapan kehidupan baru kedua mempelai. Almond ini kemudian dilapisi gula, yang dikenal dengan confetti, di mana kemudian berkembang cepat sebagai souvenir pernikahan modern. Dikemas secara elegan dengan sebuah boks cantik atau kain, confetti ini menggambarkan kesuburan, kesejahteraan, kesehatan, dan kebahagiaan. Rasa pahit almond dan manis gula pun menjadi metafora pahit manisnya menjalani biduk pernikahan.

Kini, tradisi pemberian suvenir terus berlanjut dan menyebar ke berbagai negara dunia, termasuk negara-negara di Asia. Souvenir pernikahan di era modern pun berkembang pesat menghadirkan ragam tema yang sesuai musim event tersebut. Dari mulai gula dan almond, kini ragam souvenir banyak hadir mengisi resepsi-resepsi pernikahan di berbagai belahan dunia. Misalnya, cokelat, lilin, sabun, CD, barang kulit, frame foto, tak lupa dilengkapi dengan personalisasi nama pasangan, inisial, dan tanggal pernikahan.

Bagi Sagu Hati, desain harus mampu memberi nilai tambah sesuatu menjadi lebih estetis dan istimewa, tak terkecuali desain bagi barang-barang yang bisa dijadikan hadiah atau souvenir. Tak sampai di situ, desain berbasis ilustrasi yang baik harus mampu mengomunikasikan pesan kepada audiens dengan gaya lebih ringan dan menghibur. Kami pun menilai pentingnya perancangan karakter desain ditinjau dari aspek dasar humaniora. Berikut adalah beberapa pilihan wedding souvenir yang bisa kamu pertimbangkan untuk diberikan kepada kerabat tercinta di hari bahagia nanti:

1. Tote bag

tote bag kanvas

Barang yang satu ini memang sangat umum dijadikan sebagai hadiah atau souvenir dalam berbagai kesempatan. Maklum saja, tote bag memiliki banyak manfaat luas bagi si pemakainya. Apalagi, jika tote bag ini menghadirkan ilustrasi indah yang mampu merepresentasikan pesan kuat, pastinya akan memunculkan kesan dan kenangan tersendiri di mata para kerabat kamu.

2. Pouch

pouch kanvas

Sama halnya seperti tote bag, pouch merupakan tempat penyimpanan mini yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang-barang berharga, seperti ponsel, charger, alat tulis, make up, bahkan mukena solat. Terlebih jika pouch ini dilengkapi dengan ilustrasi full print berbasis watercolor yang pastinya memberi estetika tersendiri.

3. Passport cover

passport case

Kamu punya kerabat yang hobi jalan-jalan? Pastinya passport cover menjadi barang yang amat berguna untuk mereka. Selain bisa dimanfaatkan menyimpan buku passport, barang ini juga bisa menyimpan karcis penting dan semacamnya, sehingga tak perlu lagi merasa keteter saat dibutuhkan sewaktu-waktu.

4. Drawstring bag

tas kanvas drawstring

Produk andalan untuk souvenir ala Sagu Hati yang bisa kamu persembahkan berikutnya  untuk para kerabat adalah drawstring bag alias tas serut. Tas ini juga bisa menampung berbagai barang berharga, serta dapat dilipat menjadi kecil saat tidak digunakan.

5. Keychain wallet

keychain leather

Berkendara tentu akan lebih nyaman, jika selalu membawa surat atau tanda pengenal berharga, seperti SIM dan STNK. Selain bisa digunakan untuk gantungan kunci kendaraan, barang ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan STNK atau dokumen penting perjalanan lainnya.

 

Untuk lebih detil, kamu bisa isi kolom kontak di situs ini… 🙂

 

—-

 

Tindakan saling berbagi hadiah dianjurkan oleh Rasulullah dalam sabdanya:

Salinglah memberikan hadiah, niscaya kalian akan saling mencintai”. (HR. Bukhari dalam kitab “Adabul Mufrad”). Derajat hadis ini dinyatakan hasan oleh Al-Albani).

Dan, untuk menjaga perasaan pemberi hadiah, Nabi juga bersabda:

 “Hadirilah undangan dan jangan tolak hadiah! (HR Ahmad Arnauth menyatakan sanad hadis ini jayyid).

Aisyah radhiyallahu anha juga meriwayatkan bahwa Rasullullah shallahu alaihi wa sallam menerima hadiah dan membalasnya (HR. Bukhari).

Berbagai sumber

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp chat