Craft & Wedding5 Tips Penting Persiapan Resepsi ala Konsultan Pernikahan - Sagu Hati

March 8, 20190

Banyak orang bertanya-tanya, apakah menggunakan jasa konsultan pernikahan bisa membuat calon mempelai lebih bijak dalam mengeluarkan anggaran? Tak bisa dipungkiri memang bahwa mengurus sebuah resepsi pernikahan di kala kedua pasangan sama-sama sibuk memang cukup merepotkan.

Para mempelai diharuskan meluangkan waktu untuk mengecek satu per satu vendor, dari mulai venue, katering, make up artist, dekorasi, busana, hingga tetek bengek seperti, souvenir dan undangan. Terkadang, mereka tidak punya waktu untuk membandingkan harga antar satu vendor dan lainnya serta minimnya pengalaman juga berpotensi membuat kacau acara.

Nah, buat yang masih semangat dan percaya diri ingin mengurus resepsi sendiri, berikut adalah beberapa saran dari para perencana pernikahan profesional yang mereka dapat dari segudang pengalaman, sumber ide dan inspirasi.

Anggaran

pernikahan
sumber: pixabay

“Pastikan kenyamanan tamu adalah yang terpenting. Pertimbangkan juga semakin banyak tamu, tentu akan menambah biaya baik itu undangan, bunga, dan makanan,” kata Shannon dari Shannon Gail Weddings & Events.

“Jangan habiskan anggaran terlalu besar pada satu vendor, tapi bersiaplah untuk sesuatu yang fleksibel,”kata Jove Meyer dari Jove Meyer Events.

“Perencana yang profesional dapat membantu kalian menentukan berapa banyak uang yang harus dianggarkan untuk tiap elemen pernikahan, misalnya venue, hiburan, dekorasi, atau fotografi,”kata Alica dari Alicia K Designs

“Jangan takut pada bulan-bulan ramai, dan jangan ragu untuk meminta diskon. Kamu tak akan pernah tahu, kalau tidak mencoba,”kata Kisha dari Pure Ambiance Event Design.

Undangan

pernikahan
sumber: pinterest

“Jangan terlalu berhemat di kuantitas. Saya sendiri tak bisa menghitung berapa banyak klien yang akhirnya harus kembali lagi hanya untuk memesan undangan tambahan  karena sebelumnya mereka memangkas jumlah tamunya. Hal ini tentu saja akan lebih boros karena jumlah yang dipesan lebih kecil,”kata Valerie dari Spark Letterpress.

“Pastikan kalian menaruh  5-10 persen dari seluruh anggaran pernikahan untuk kebutuhan stationary (undangan dan souvenir),  karena permintaan desain custom akan menambah biaya, selain ongkos cetaknya,”kata Lily dari Lavender &  Mint.

“Selalu lakukan cek ulang sebelum kalian memutuskan memesan. Jangan lupa, lampirkan kartu ucapan terima kasih,”kata Kristen dari Cheree Berry Paper.

Bunga

bunga
sumber: brides

“Pemilihan bunga akan membuat nuansa lebih hidup menjadi kunci. Kalian bebas pilih gaya yang dimau,”kata  Carly dari Margot Blair Floral.

“Banyak fotografer suka dengan bunga-bunga yang banyak demi mendapat foto yang mendetil, maka mintalah bunga yang spesial,”kata Lori dari Wildflowers by Design.

“Pilihlah bunga dengan warna senatural mungkin. Itu akan membuat pernikahan kalian tak lekang waktu bahkan hingga 20 tahun ke depan,”kata Jessie dari Sherwood Florist.

Venue

konsultan pernikahan
sumber: balisukkawedding

Mengecek jadwal penggunaan gedung/hotel adalah ide terbaik sebelum melakukan booking. Terkadang banyak acara besar diadakan di tempat dan waktu sama dengan tanggal yang dipilih mempelai,”kata Brittany dari Eventrics Weddings.

Pertimbangkan memilih restoran karena untuk makanan sudah siap tersaji, sehingga kalian hanya perlu merogoh kocek tak terlalu banyak untuk ekstra ruangan,”kata Laura dari Grit dan Grace Inc.

“Venue yang tidak memiliki pendingin udara atau toilet sedikit biasanya mendapat review buruk dari tamu. Pertimbangkan kapasitas dan ruang,”kata Jove dari Jove Meyer Events.

“Pertimbangkan apa saja yang termasuk dalam harga venue, misalnya kursi, meja, atau perlengkapan minum. Jika tidak cocok, maka kalian harus menyewanya atau pilih venue lain yang sudah memasukkan perlengkapan,”kata Kelly dari A Savvy Event.

Dana darurat

Menyelenggarakan sebuah acara yang sempurna tentu susah-susah gampang. Terkadang, ada saja elemen yang tertinggal dan baru diingat saat detik-detik terakhir. Maka, pastikan siapkan dana darurat untuk kebutuhan mendadak.

 

Happy hunting!

 

Diolah dari thebrides

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp chat