Esteem & Belonging5 Topik Obrolan Menyenangkan Saat Kopi Darat Pertama - Sagu Hati

March 30, 20200

Teknologi telah memudahkan banyak orang untuk saling kenal dan bertemu dari berbagai penjuru tanpa batasan lagi. Bahkan untuk urusan jodoh, bukan hal mustahil lagi jika kamu bisa bertemu belahan jiwa hanya dengan perantara internet. Meski demikian, metode semacam ini pun juga banyak tantangan. Selain, memunculkan peluang penipuan, bertemu orang baru saat kencan pertama juga bisa mendatangkan rasa grogi bagi sebagian orang.

Seorang pakar komunikasi Wilbur Schramm pernah mengungkap, ada dua fondasi dasar berkomunikasi yakni preferensi dan pengalaman. Tanpa dua fondasi tersebut, maka proses komunikasi pun bisa terhambat alias sulit nyambung. Saat kopi darat pertama dengan gebetan, kamu bisa lupakan soal chemistry dulu, tapi fokuslah bagaimana bisa mendapat pertemuan kedua. Tentu, semakin banyak kesamaan antara kamu dan dia, akan makin memudahkan jalannya pertemuan.

Sosiolog Dr Jess Carbino mengatakan, meski kamu dan pasangan telah memperoleh kesamaan dalam hal edukasi dan keyakinan, penting pula membangun koneksi lebih dalam terkait topik lain pula. “Cobalah membangun pararel antara pengalaman dan ketertarikan calon pasangan dan pengalaman kita,”ujar Carbino yang juga merupakan lead researcher platform online dating, Bumble dan Tinder.

Obrolan yang ringan dan alami tentu lebih baik, meski setiap orang mungkin akan merasa grogi dan kaku saat kopi darat pertama. Berikut adalah beberapa topik yang bisa kamu angkat saat bertemu calon pasangan pertama kali agar pembicaran bisa lebih mengalir:

1. Bertanya hal ringan

topik kencan pertama
sumber: pexels

Sebuah obrolan bisa bersifat maju dan mundur. Bertanya hal ringan seperti aktivitas hari ini atau kondisi jalan di luar bisa menjadi pembuka obrolan. Pertanyaan ringan mampu menciptakan ikatan emosi di awal dibanding kamu hanya bercerita tentang diri sendiri saja.

2. Tempat favorit untuk dikunjungi

topik kencan pertama
sumber: pexels

Beberapa orang menyukai pergi ke pantai, atau gunung, sementara yang lain lebih suka menikmati suasana perkotaan. Apa pun itu, mengetahui hobi si calon saat bertemu pertama kali, memang akan membantu kita untuk merumuskan pertanyaan yang tepat. Terlebih jika ia memang benar-benar menyukai kegiatan traveling.

3. Film favorit

topik kencan pertama
sumber: pexels

Selain traveling, sebagian orang juga menyukai film. Maka, tak heran jika sebagian pasangan memilih untuk hang out ke bioskop saat pertama kali kopi darat. Apakah ini menjadi aneh atau tidak, tentu semua kembali ke masing-masing.

4. Cita-cita

topik obrolan kencan pertama
sumber: pexels

Memutuskan untuk bertemu dengan seseorang yang ke depannya punya potensi menjadi pasangan hidup kamu, tentu tak lepas dari obrolan rencana masa depan. Meski begitu, topik ini agak perlu kehati-hatian saat pertemuan pertama, agar “dia” juga merasa tidak ditodong terlalu jauh. Topik cita-cita bisa seputar rencana karir atau pendidikan, atau segala sesuatu yang berhubungan dengan talenta yang ia miliki, akan jauh lebih aman untuk diangkat.

5. Waktu luang

topik kencan pertama
sumber: pexels

Setiap orang selalu punya cara untuk menghabiskan waktu luang atau masa liburan. Nah, ini adalah topik yang cukup menarik diangkat. Terlebih, jika “dia” suka menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga terdekat. Tentu, obrolan bisa lebih berkembang jauh dari sini. Jika tak keberatan, dan mulai percaya, mungkin dia tak segan untuk cerita tentang lingkaran sosialnya.

===

Selain topik-topik rekomendasi untuk diangkat seperti di atas, kamu perlu juga tahu beberapa topik obrolan yang tabu dibahas saat kopi darat pertama. Di antaranya, politik, mantan kekasih, uang, dan seks. Di masa pendekatan awal, kamu hanya bertugas untuk tahu dan mendalami kepribadiannya. Setelah merasa nyaman, topik pun bisa dikembangkan lebih jauh sebelum memutuskan menikah, misalnya pentingnya memahami aspek emosional, seksual, finansial, hingga spiritual pribadi satu sama lain.

Sumber: lifehack/wink

Baca juga => Uang dan Menikah: Pentingnya Merencanakan Sedini Mungkin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp chat