Craft & WeddingKurangi Plastik, Ini Ide Kemasan untuk Souvenir Pernikahan Kamu - Sagu Hati

January 27, 20200

Tahukah kamu ada sekitar 13 juta ton sampah plastik menggenangi lautan kita setiap tahunnya? Hal ini tentu saja berdampak pada kehidupan biota laut dan kesehatan manusia. Kebanyakan sampah plastik juga tidak mudah terurai. Namun, karena plastik adalah kemasan serbaguna, sedangkan kemasan alternatif juga terbatas, tak heran jika kita tetap menggunakannya.

Menurut laporan firma riset Kantar, konsumen semakin diminta mengurangi pemakaian sampah plastik, sementara 48 persen kalangan meyakini bahwa manufaktur punya tanggung jawab paling besar untuk menggiring perubahan dan menghadirkan solusi yang lebih berkelanjutan.

Namun, tak seperti produk-produk industri manufaktur yang diproduksi dalam jumlah massal, produk seperti souvenir dan hampers dibuat dengan jumlah yang lebih terbatas. Meski demikian, kita tetap bisa berperan aktif untuk mengurangi sampah plastik, dengan menggunakan alternatif kemasan lainnya yang tentu saja lebih mudah diurai.

Tren pernikahan ramah lingkungan juga telah mendorong banyak calon mempelai memilih kemasan alternatif selain plastik. Apa saja itu?

Besek

besek
sumber: https://saguhati.id/shop/

Kemasan besek  naik daun kala beberapa waktu lalu Gubernur DKI Jakarta mewajibkan agar hewan kurban tidak lagi dibungkus dengan plastik, melainkan digantikan oleh besek. Tempat yang terbuat dari anyaman bambu berbentuk segi empat ini sebetulnya telah lama dijadikan kemasan berbagai macam keperluan, seperti nasi plus lauk pauk, gudeg, oleh-oleh serta bungkus souvenir dan seserahan.

Meski sempat terlupakan, wadah kemasan tradisional ini memang mulai banyak dilirik beberapa kalangan, termasuk para calon mempelai jaman now. Selain unik, besek juga dinilai lebih ramah lingkungan dan aman dari paparan kimiawi, terutama jika digunakan untuk membungkus makanan.

Box

box
sumber: ebay

Kemasan boks selama ini memang cukup lazim digunakan untuk berbagai keperluan, seperti makanan/minuman, peralatan makan, bahkan pakaian. Lebih dari itu, kemasan boks juga memiliki atraksi dan keunikan tersendiri yang membuat orang lain penasaran tentang isi di dalamnya. Itulah mengapa banyak orang menyukai kemasan boks lantaran bisa didesain sesuai keinginan yang merepresentasikan karakter brand atau kepribadian seseorang. Tak hanya untuk produk industri, boks juga sangat populer digunakan untuk souvenir maupun hampers untuk diberikan kepada orang spesial.

Kertas wrapping

wrapping paper
sumber: instagram.com/akusvara

Meskipun, kerap dituding sebagai industri yang suka merusak hutan alam dibanding melakukan penanaman pohon, nyatanya kebutuhan kertas masih tetap tinggi. Kertas juga dianggap sebagai bahan baku kemasan yang mudah terurai lantaran dibuat dari bahan pepohonan. Demi mengurangi penebangan pohon di hutan alami, kini banyak pula kalangan yang berupaya melakukan daur ulang kertas di mana kini sudah hampir 80 persen kertas merupakan hasil daur ulang di Inggris.

Pouch serut

sumber: instagram.com/idekuhandmade

Tas berbentuk mini dengan ciri khas ikatan talinya ini juga cukup populer dipakai untuk membungkus benda-benda kecil, bahkan dijadikan souvenir pernikahan itu sendiri. Pouch serut biasanya terbuat dari bahan spunbond, blacu atau bahkan kanvas dengan ciri khas sablon.

Bahan spunbond sendiri cukup lazim dipakai sebagai pengganti  kemasan plastik atau kertas, seperti tas belanja. Meski, terbuat dari biji plastik dan melalui tahapan kimiawi, namun kain spunbond termasuk bahan ramah lingkungan, anti bakteri /anti virus serta tidak menimbulkan polusi di mana teksturnya sangat kuat.

Selain spunbond, kain blacu juga kerap dimanfaatkan juga sebagai material souvenir alami dan ramah lingkungan karena terbuat dari bahan kapas. Dari segi harga pun, blacu relatif lebih murah dibanding kanvas tebal atau baby canvas.

*Berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp chat