Craft & WeddingMengenal Ragam Metode Cetak Logo/Nama/Inisial untuk Souvenir - Sagu Hati

March 6, 20200

Selain bahan baku dan kuantiti, salah satu komponen yang menentukan harga sebuah souvenir atau merchandise adalah cara/metode cetak desainnya. Seperti kita tahu, banyak sekali jenis produk yang bisa dijadikan souvenir, namun tak banyak di antara kita yang tahu dan memahami metode mencetak desain seperti logo perusahaan, nama, atau inisial seseorang di produk tersebut.

Metode cetak antara satu dan lainnya pun memiliki tingkat kesulitan masing-masing, sehingga harga antara teknik satu dan lainnya bisa berbeda. Tiap metode cetak pun terkadang hanya bisa bekerja pada bahan media tertentu saja. Berikut adalah beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk kebutuhan souvenir sehari-hari. Apa saja itu?

Screen printing

metode cetak
sumber: creativeartnapier

Screen printing alias cetak saring/sablon merupakan salah satu metode yang paling populer di mana aplikasinya kerap kita temui pada produk sehari-hari. Teknik ini awalnya berasal dari China dan sudah dipraktekkan selama 2000 tahun dalam sejarah percetakan.

Prosesnya menggunakan layar (screen) dengan kecepatan tertentu dan umumnya berbahan dasar nylon atau sutera (silk). Setelah itu, tinta dituangkan di atas layar dan kemudian disapu menggunakan palet yang terbuat dari karet.

Teknik cetak ini sangat ideal untuk produk dengan kuantiti banyak (minimal 300 pcs), karena layar harus dikustomisasi untuk setiap desain. Begitu pula, satu warna hanya bisa diaplikasikan satu waktu. Logo yang memiliki warna beda akan membutuhkan layar sutera dan stencil berbeda pula untuk tiap area di mana warna harus dicetak.

Cetak saring biasanya digunakan untuk mencetak gambar di dimensi datar, seperti kain. Beberapa produk yang biasa disablon di antaranya, stationery, T-shirts, produk tas, payung, tumblr, bahkan produk kayu.

Heat transfer (sublime) printing

metode cetak
sumber:medium

Di tengah keterbatasan metode sablon,  metode heat transfer atau lebih dikenal sublime printing kian naik daun belakangan terakhir. Teknik sublime menggunakan komputer untuk me-layout logo atau desain yang diinginkan. Logo atau desain dicetak pada transfer film menggunakan mesin heat press untuk disatukan dengan bahan media kainnya.

Kelebihan cetak sublime di antaranya, lebih mampu menghasilkan banyak warna cerah dan mengkilap. Selain itu, teknik ini juga lebih cocok digunakan untuk produk-produk dengan kuantiti lebih kecil. Tak heran, jika teknik sublime cenderung lebih mahal dibanding sablon. Beberapa produk yang memanfaatkan teknik sublime di antaranya, scarf, tote bag, mug, keramik, gelas, dan pakaian.

Cetak bordir komputer (embroidery)

metode cetak
sumber: madeit

Selain dua metode cetak populer di atas, bordir komputer juga cukup banyak difavoritkan orang. Metode ini menggunakan mesin bordir untuk mencetak desain logo atau pola. Mesin dapat mencetak beragam desain dengan warna dan pola berbeda di media tekstil pilihan hanya dengan memasukkan file gambar tertentu.

Mesin bordir yang bagus mampu membuat logo bordir di mana tidak ada batasan warna untuk desainnya. Ditilik dari waktu produksi juga cukup cepat tergantung dari jumlah tusukan pola ke kain. Metode cetak ini paling baik digunakan di permukaan obyek berupa kain tebal, biasanya untuk produk fesyen, seperti tas kain, T-shirt, topi rajut, jaket, mukena, bahkan handuk untuk keperluan souvenir.

Laser engraving

metode cetak laser
sumber: epiloglaser

Sesuai namanya, metode yang satu ini menggunakan sinar laser untuk mengukir pola pada permukaan produk. Pada umumnya, ada dua jenis laser yakni cool laser dan heat laser.

#Cool laser: Ini biasa digunakan untuk mengukir produk-produk berbahan metal. Operasinya seperti palu mini yang membentuk lekukan pada permukaan metal. Bagian lekukan itu akan menunjukkan warna asli metal sesuai pola atau desain.

#Heat laser: Biasa digunakan untuk produk non metal. Operasinya fokus pada berkas cahaya di permukaan produk yang membakar sedikit obyek permukaan sesuai pola atau desain.

Untuk itu, metode laser engraving ini dapat dilakukan pada aneka permukaan produk, seperti item metal, kayu, gelas, plastik, atau kulit. Jenis teknik cetak ini juga mampu menghasilkan karya cetak yang indah pada produk souvenir kamu. Selain juga, harganya yang cukup terjangkau.

Debossed/embossed

metode cetak embossed
sumber: mockuptree

Emboss merupakan teknik akhir cetak tinggi yang memberikan efek timbul pada bagian tertentu di permukaan kertas. Cetakan atau acuan cetak emboss berasal dari logam hasil proses etsa atau cukil yang disebut klise. Sementara, deboss merupakan teknik akhir yang justru berlawanan dari emboss karena teknik ini memberikan efek tenggelam atau cekung pada permukaan sebuah produk.

Ketinggian atau kedalaman deboss/emboss dapat diatur sesuai kebutuhan. Prosesnnya pun dapat dilakukan secara manual atau menggunakan mesin (digital embossing). Proses akhir ini banyak digunakan oleh percetakan komersial untuk beragam produk, seperti undangan, kartu nama, cover buku, bahkan kemasan. Tak hanya untuk bahan kertas, teknik ini juga biasa digunakan untuk ragam produk souvenir kulit.

Hot stamp printing

metode cetak hotstamp
sumber: packhelp

Stamping foil merupakan metode cetak ukir di mana tinta yang dikeringkan atau foil ditransfer ke permukaan obyek yang akan dihias, seperti kertas, board, plastik, kayu, atau tekstil dengan temperatur tinggi. Kita hanya butuh memanaskan cetakan logo, tekan pada permukaan obyek, dan logo pun tercetak dengan sempurna.

Beberapa kelebihan foil di antaranya mampu memberikan warna spesial yang solid, seperti emas terang atau pola kayu yang lebih alami. Jika kita ingin stamp bernuansa perak atau emas, hanya tinggal menambahkan film perak/emas saja di antara cetakan dan produknya.

Metode ini semakin berkembang sejak kepopulerannya di abad ke-19, termasuk prosesnya yang juga makin variatif. Setelah tahun 1970-an, hot stamping menjadi salah satu metode penting untuk dekorasi pada permukaan produk-produk berbahan plastik.

Selain itu, metode cetak ini juga ideal untuk produk kulit seperti, ikat pinggang dan dompet, kemasan, serta buku dan kartu ucapan. Namun, yang perlu diingat, hot stamp hanya bisa dilakukan pada bahan yang lembut, tidak untuk produk berbahan metal.

Stiker (label) printing

metode cetak
sumber: bisma printing

Stiker merupakan salah satu metode paling mudah untuk menampilkan logo. Tak heran, stiker atau label paling kerap kita temui di beragam produk sehari-hari. Kita hanya butuh mesin untuk mencetak normal di kertas stiker lalu tempelkan ke produk. Cetak label ini ideal untuk barcode, dekorasi gelas/botol, atau instruksi penanda. Label/stiker juga sangat mudah dilepaskan. Metode ini sangat baik digunakan untuk produk fast moving, sepert iminuman, atau makanan karena usianya yang singkat.

==

Demikian, beberapa metode cetak yang kerap kita temui dalam produk sehari-hari. Seiring perkembangan zaman, tentu masih banyak jenis metode cetak yang tidak terangkum semua di sini. Jika kamu ingin membuat produk custom untuk event tertentu, silahkan langsung kontak kami (klik link WA di pojok kanan bawah) untuk informasi lebih lanjut 🙂

 

*Berbagai sumber

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp chat