Craft & WeddingTips Merawat Sabun Batang Handmade yang Ramah Lingkungan - Sagu Hati

May 26, 20190

Sadar atau tidak, kita memang telah menjadi bagian dari penduduk bumi yang menyumbangkan jutaan ton sampah setiap tahunnya. Namun, menjalankan gaya hidup yang bebas sampah atau plastik juga cukup sulit. Salah satu cara yang bisa kita tempuh adalah mengubah kebiasaan mengonsumsi sabun cair ke sabun batangan.

Dengan menggunakan sabun batangan artinya kita telah membantu meminimalisasi pengunaan kemasan plastik seperti sabun cair, selain itu sabun batang juga hanya butuh seperlima energi manufaktur. Tak cuma itu, idealnya pilih juga sabun batangan handmade, bebas bahan kimia dan vegan friendly dengan kemasan daur ulang.

Editor bidang keberlanjutan lingkungan di Mind Body Green Emma Loewe mengatakan, penggunaan sabun batang memang lebih ramah lingkungan ketimbang sabun cair. Sebuah penelitian investigasi pun menemukan satu batang sabun menciptakan jejak karbon 25 persen lebih sedikit daripada sabun cair.

Kemasan plastik sabun cair menyebabkan lebih banyak pencemaran. Masyarakat di Amerika Serikat memproduksi 270 sampah botol sabun cair setiap tahunnya,” katanya dilansir Mindy Body Green.

Meski, ada sebagian orang yang beranggapan bahwa sabun batang menjadi sarang kuman karena dipakai bergantian oleh banyak orang, agaknya penilaian itu merupakan kesalahan besar. Sabun tidak mentransfer kuman dan bakteri. Maka, baik sabun batang atau cair, keduanya punya efek kebersihan yang sama.

Berikut adalah beberapa cara merawat sabun batang agar awet:

Pilih tempat sabun yang berlubang

sabun handmade
sumber: rosnersoap

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan tempat sabun batang itu sendiri. Tempat sabun yang tidak berlubang akan sulit mengeringkan sabun, sehingga tercipta genangan air yang membuat sabun tersebut cepat berlendir.

Gunakan tempat sabun jaring

sabun handmade
sumber: pmaweb.co.uk

Tempat sabun jaring alias soap foaming net ini memiliki banyak manfaat. Selain untuk exfoliasi kulit dan membuat busa lebih banyak, juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan sabun dengan cara menggantungnya di dinding toilet. Dengan cara ini, tentunya akan memperlama masa pemakaian sabun, sekalipun sabun tersebut sudah tinggal berbentuk patahan.

Jauhkan dari shower

sabun handmade
sumber: homedepot

Ingin sabun batang lebih awet, maka simpanlah di tempat yang tidak mudah terkena cipratan air atau shower. Hal ini juga akan membuat sabun tetap kering, memperlama usia sabun, sehingga tidak ada lagi patahan sabun yang terbuang sia-sia.

===

Sekarang, kamu tidak mesti menikmati sabun batangan handmade seorang diri. Yuk, ajak kerabat untuk lebih sadar lingkungan, dari mulai melakukan hal-hal kecil lebih dulu.. Berikan souvenir sabun handmade dengan aneka aroma alami untuk setiap momentum terbaik kamu. Kontak kami untuk informasi lebih lanjut ya 🙂

 

Sumber: Litterless/MindBodyGreen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
WhatsApp chat